Jumat, 06 April 2012

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Open Source Software

Keuntungan :
1. Masa Depan Software Terjamin
Open Source Software (OSS) tidak bergantung pada pembuatnya / programmer atau pada perusahaan asalnya. Ini bertentangan dengan konsep pada aplikasi proprietary dimana bila programmer tersebut berhenti atau perusahaan gulung tikar, maka kelangsungan aplikasi tersebut berhenti. Hal tersebut sangat merugikan konsumen karena mereka kehilangan dukungan atas aplikasi yang telah mereka bayar. Dalam OSS, kode sumber dimiliki oleh banyak orang dan masing-masing dapat melakukan modifikasi dan peningkatan tanpa perlu bergantung pada programmer atau perusahaan asal.

2.Modal Hemat
Bagi perusahaan yang ingin memproduksi suatu produk aplikasi, mereka dapat memanfaatkan OSS sebagai modal awal dalam pengembangannya. Hal ini menghindari development-from-scratch yang berarti efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Para Merchandizer pun merasakan manfaatnya melalui ringannya biaya lisensi. Bahkan tidak semua OSS memerlukan biaya lisensi bila akan dipergunakan untuk kebutuhan komersial. Ini bergantung pada lisensi yang melekat pada OSS tersebut.

3. Menekan Biaya Promosi
Konsep OSS yang gratis dan bebas didistribusikan akan sangat membantu promosi. Sebuah produk OSS yang berkualitas akan dicari dan setiap orang yang telah memilikinya dapat mendistribusikan. Ini berarti produk akan "mengedarkan dirinya sendiri" melalui proses peer-to-peer. Setiap orang dapat mencoba dan menilai sendiri dengan mengeluarkan biaya rendah.

4. Kualitas dan Kinerja OSS Terus Berkembang
Dengan hasil pola pengembangan OSS peer-review, kualitas dan kinerja OSS selalu dapat ditingkatkan. OSS didukung oleh banyak komunitas pemerhati dan pengembang di seluruh penjuru dunia dan juga bisnis OSS tidak perlu bertanggung jawab sepenuhnya terhadap biaya kerja mereka. Para komunitas pengembang biasanya bekerja sukarela dan menerima donasi dari siapa saja. Hasil kerja mereka dapat menjadi masukan bagi siapa saja dan bisnis OSS siap memanfaatkannya.

5. Lokalisasi
OSS dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kondisi lingkungan tertentu. Misalnya Linux yang ditranslasikan bahasa antar mukanya ke dalam bahasa tertentu sesuai dengan tempat distribusi seperti distro IGOS. Dengan adanya proses lokalisasi, OSS akan semakin mudah diterima oleh masyarakat. Dalam bisnis proses ini boleh dikerjakan boleh tidak. Namun bila dilakukan tentunya menambah nilai jual produk yang dibuat.

Kekurangan :
1. OSS Berpotensi Menjadi Tidak Aman
Walaupun kualitas OSS terus meningkat berkat berbagai kontribusi namun bukan berarti tidak akan ada masalah sama sekali. Tidak semua kode sumber yang terbuka dimanfaatkan untuk keperluan yang baik. Kode sumber terbuka dapat dimanfaatkan untuk mencari celah keamanan dan kelemahan dari OSS tersebut dengan berbagai tujuan seperti merusak reputasi dan menjatuhkan nilai jual OSS.

2. Persaingan Ketat
Aplikasi proprietary dapat melakukan monopoli terdapat suatu pasar aplikasi dan ini tidak akan terjadi di dunia OSS. Ditambah dengan adanya kode sumber yang bisa dimiliki siapa pun, akibatnya banyak peluang untuk menekuni bidang usaha dan model bisnis yang sama dan memunculkan banyak kompetitor. Sehingga untuk memasuki dunia bisnis OSS dibutuhkan kemampuan yang mencukupi agar tidak menjadi korban dalam persaingan tersebut. Apalagi bila OSS yang menjadi komoditi sudah memiliki skala global, ini berarti pelaku bisnis lokal juga akan bersaing dengan seluruh kompetitor dalam model bisnis yang sama di dunia. Namun di sisi lain ini akan menciptakan suasana kompetitif yang dapat mengakibatkan peningkatan kualitas produk.

3. Konsumen terbatas
Hampir seluruh model bisnis Open Source yang telah disebutkan di atas memiliki konsumen terbatas pada pengguna OSS yang telah mengerti manfaat dan nilai guna serta nilai jual dari OSS saja.

Sumber : Hendra, dkk. 2010. PKM-GT "Kreativitas dengan memanfaatkan Open Source Software sebagai peluang dalam menciptakan lapangan kerja". Depok
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa