Minggu, 13 Februari 2011

Hati-Hati, Ledakan Gas Elpiji

Bandung - Rumah milik Ade Lili (65), hancur akibat ledakan gas elpiji 3 kilogram. Peristiwa itu terjadi Rabu (9/2/2011) sekitar pukul 03.45 WIB di Jalan Babakan Tarogong, Gang Tanjung 10 RT 9 RW 05 Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloa Kaler.

Kondisi rumah milik Ade Lili yang merupakan ketua RT 09 itu hancur di bagian dua jendela depan, sebagian internit, serta sebagian langit-langit ruang tamu terkelupas. Hal itu akibat ledakan yang terjadi. Namun, kejadian itu tidak sampai menimbulkan kebakaran.

Menurut warga sekitar, Rosma (60), pagi tadi terdengar sekali ledakan yang cukup keras. "Duarr, saya pikir itu ada tabrakan," ujar dia saat ditemui di lokasi kejadian.

Rosma mengatakan, radius ledakan yang terdengar sekali itu mencapai jarak 100 meter. Mendengar suara ledakan tersebut, dia bersama beberapa warga lainnya mencari sumber ledakan.

"Ternyata itu berada di rumah ketua RT. Sumber ledakannya itu akibat gas elpiji 3 kilogram yang diduga bocor," katanya.

Rumah permanen tersebut berukuran 3x6 meter yang terdiri dari dua lantai. Hingga pukul 09.05 WIB, puluhan warga masih tampak berkerumun melihat kondisi rumah tersebut. Semenara garis polisi sudah terpasang di lokasi.(ors/ors)
sumber : Detik.com

Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar berita tentang tabung gas elpiji yang meledak seperti artikel diatas yang saya baca di "www.detik.com". Hal ini sangat membuat warga risau untuk menggunakan tabung gas elpiji, karena mendengar beberapa berita-berita semacam ini di televisi, media cetak dan sebagainya. Menurut saya pemerintah harus lebih jeli dalam memproduksi gas elpiji yang akan di sebarluaskan pada masyarakat, dan masyarakatpun harus jeli dalam menggunakan elpiji yang telah dibeli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hal yang diatas.

Saran dari saya agar tidak terjadi tabung gas elpiji meledak, adalah :
1. Pilih tabung gas elpiji yang segelnya tidak cacat
2. Pilih tabung gas elpiji yang pada besi penghubung dengan selang kompor tidak cacat
3. Cium dan dengarkan di sekitar tabung gas elpiji ketika telah dipasang dan jika mencium bau gas/mendengar gas keluar, lebih baik anda lepaskan kembali
4. Gunakan karet yang tidak cacat pada besi penghubung
5. Jangan sesekali menyundut rokok di dekat tabung gas elpiji
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa