Rabu, 23 Desember 2009

Serba-Serbi SIM

Definisi
Surat Izin Mengemudi adalah tanda bukti bahwa pemegangnya telah memenuhi persyaratan yang dituntut perundang-undagan dengan melalui suatu ujian atau penelitian dan keterampilan mengemudi yang dilakukan oleh POLRI. Dengan demikian, SIM bagi masyarakat merupakan tanda bukti kecakapan dan kemampuan mengendarai atau mengemudikan kendaraan bermotor.

Golongan
SIM digolongkan SIM A, SIM B-I, SIM B-II, SIM C, SiM D. Selain itu juga masih ada SIM A-umum, SIM B-I umum, dan SIM B-II umum.

SIM A : Untuk mengemudikan mobil penumpang, mobil bus, dan mobil barang yang mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 kg.

SIM B-I : Untuk mengemudikan mobil bus dan mobil barang yang mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan todak lebih dari 3.500 kg.

SIM B-II: Untuk mengemudikan traktor atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau kereta gandengan lebih dari 1.000 kg.

SIM C : Untuk mengemudikan sepeda motor yang dirancang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40 km/jam.

SIM D : Untuk mengemudikan sepeda motor yang dirancang dengan kecepatan tidak lebih dari 40 km/jam.

SIM Umum: Pemiliknya berhak mengemudikan kendaraan bermotor roda 4 yang dioperasikan untuk pernumpang umum. Di sini bisa SIM A-umum (untuk pengemudi taksi), SIM B-I umum (untuk pengemudi bus dan truk), SIM B-II umum (untuk pengemudi truk gandengan). Untuk mengemudikan kendaraan umum harus memiliki Surat Izin Mengemudi Umum yang sesuai golongannya, yaitu:

a. A Umum untuk golongan A
b. B I Umum untuk golongan BI
c. B II Umum untuk golongan BII

Keterangan:
- Surat Izin Mengemudi Golongan BI dapat diberlakukan sebagai Surat Izin Mengemudi golongan A
- Surat Izin Mengemudi Golongan BII dapat diberlakukan sebagai Surat Izin Mengemudi golongan A dan BI
- Surat Izin Mengemudi Golongan C dapat diberlakukan sebagai Surat Izin Mengemudi golongan D
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa