Sabtu, 13 Maret 2010

Programmer termuda di indonesia


Nama Lengkap : Adam Pahlevi Baihaqi

Tanggal Lahir : 22 Desember 1993

Prestasi : Terbitkan Empat Buku Komputer

dan Ciptakan Scan Lix.

Nama Ayah : Achmad Syafi’i

Nama Ibu : Sulistiana




Biografi

Pada usia sebelas tahun, tepatnya 5 tahun yang lalu, Adam dinobatkan Muri sebagai programmer termuda berkat keahliannya menguasai lima bahasa pemrograman sejak usia anak-anak. Antara lain, Visual Basic (VB), Fox Pro, C++, Pascal, dan Delphi, merupakan aplikasi yang biasa diajarkan pada tingkat mahasiswa. Kelebihan lain Adam, ilmu yang dikuasainya tersebut ditulis dan diterbitkan. Kini, tak kurang dari empat buku sudah dihasilkan siswa kelas X itu.

Awalnya, ia menerbitkan buku karena banyak orang yang bertanya seputar blog dan pemrograman. Hobinya membaca membantu menuangkan ide dalam tulisan. Tiga buku tentang blog, satu tentang visual basic. Tiga buku pertama dibuat saat dia masih duduk di bangku SMP. Namun, karena proses editing dan cetak, buku ketiga baru terbit akhir 2008, sedangkan buku keempat masih dalam proses cetak. Buku pertama, Build and Hack Your Blogger Now, membahas tentang modifikasi blog, dibuat setahun lalu saat dia masih SMP kelas IX. Menyusul Monetizing Your Blogger Now, mengulas cara menghasilkan uang melalui adsense (iklan di website). Buku ketiga yang diluncurkan akhir tahun lalu membahas cara mengubah tampilan program yang dibuat melalui VB, layaknya tampilan elegan Windows Vista. Buku keempat, Powerful Guide to Master Your Wordpress, -yang sedang proses cetak- mengupas blog menggunakan engine Wordpress. Wordpress merupakan layanan blogging yang saat ini banyak diminati orang dalam buku tersebut, Adam membahas tuntas bagaimana memanfaatkan Wordpress secara expert. Dari karya-karyanya itu, Adam sudah memperoleh royalti sekitar Rp 10 juta dari penerbit. Buku kelimanya tentang VB yang membahas tentang menghack tampilan Windows akan diselasaikan setelah ia mengikuti Olimpiade Sains Nasional.

Sebenarnya, Adam berencana membuat novel. Tapi, aktivitas tulis-menulis sementara harus dikesampingkan menyiapkan diri ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) mewakili Gresik.

Adam sejak kecil tertarik pada komputer. Sebab, di rumah ada komputer milik ayahnya yang dosen. Ia sudah belajar Fox Pro sejak kelas dua SD, kemudian belajar VB mulai kelas tiga sampai kelas lima. Beruntunglah Adam, dalam proses pengembangan diri, dia banyak di-support kedua orang tuanya. Bahkan, sang ayah tak segan mengantarkan Adam menemui orang-orang ahli di bidang yang ingin ditekuni anaknya itu, bahkan ayahnya sering mengantarnya menemui dosen-dosen di Stikom untuk belajar membuat buku.

Dari internet itu, Adam mengaku banyak belajar. Mulai memperdalam pengetahuan programming, blogging, sampai urusan pelajaran sekolah. Meski akrab dengan komputer, Adam tak kehilangan kehidupan sosialnya. Bahkan, ia sering diminta teman-temannya untuk mengatasi masalah computer, misalnya memperbaiki kompter yang bermasalah karena virus. Berkat banyak pengalaman mengatasi virus itu, Adam berhasil menciptakan antivirus sendiri yang dinamai Scan Lix. Antivirus ciptaan Adam tersebut bermanfaat untuk membersihkan komputer dari virus-virus lokal. Bahkan ”Source code (pemrograman)nya ia buat sendiri.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa