Rabu, 06 Januari 2010

Alkohol,Bermanfaat atau Berbahaya?

Alkohol berbahaya buat tubuh kita. Tapi ada juga yang bilang kalau sedikit saja akan bagus buat kesehatan. Lalu ada yang bilaganggur merah itu bagus. Nah, bingung deh kita. Yang jelas pemerintah Inggris sampau mengeluarkan panduan bahwa warganya jangan sampai mengonsumsi alkohol lebih dari 21 atau 14 satuan minumab beralkohol tiap minggunya

Sebuah studi yang diselenggarakan Million Women melaporkan bahwa minum alkohol segelas sekali dalam seminggu meningkatkan risiko terserang kanker payudara, tenggorokan dan liver. Apa ya hubungan kanker dengan alkohol?

Itulah yang diteliti oleh para ilmuwan. Mereka sesungguhnya juga belum paham benar mengapa kita mengalami hangover saat kita kebanyakan minum alkohol, apalagi bagaimana alkohol bisa memicu kanker. Pada percobaan di lab, dosis tinggi alkohol justru bisa menikkan harapan usia hidup tikus.
Jika diteliti, alkohol bermetabolis dalam tubuh menjadi komponen beracun, tapi bagaimana komponen ini merusak tubuh juga masih belum diketahui.

Sejak faktor genetika, gender dan usia berperan besar dalam bagaimana kita berinteraksi dengan alkohol, dosis yang aman bagi seseorang ternyata tak berlaku buat yang lainnya.

Sesungguhnya hubungan antara alkohol dengan kanker sudah dideteksi sejak 100 tahun lalu. Tapi karena masih menjadi misteri dalam sains, maka tak ada keyakinan pasti tentang apakah alkohol berbahaya atau berguna. Bahkan ada pecandu alkohol yang membenarkan tindakannya dengan alasan alkohol bagus bagi kesehatan.

“Ada mitos yang mengatakan bahwa anggur merah bagus buat tubuh kita,” jelas Profesor Valerie Beral dari University of Oxford. Padahal secara ilmiah belum ada buktinya.

Berlawanan

Namun sesama ilmuwan pun menyanggah pernyataan itu. Profesor Roger Corder penulis buku The Red Wine Diet, tidak setuju dengannya. “Riset kami mengidentifikasi kelompok kandungan kimia bernama procyanadins yang merupakan polyphenols,, komponen kunci pencegah penyakit jantung,” kata Corder.

Polyphenols, dikenal sebagai antioksidan yang ditemukan dalam kulit anggur merah. “Dalam dosis tinggi, bahan ini bisa memperpanjang usia tikus. Tapi harus dalam dosis sangat tinggi untuk manusia,”jelasnya. Artinya kalau untuk manusia bisa ribuan liter anggur. Tapi menurutnya cukup dua gelas kecil anggur merah sehari sudah baik bagi kesehatan.

Nah, makin bingung kan apakah alkohol itu berbahaya atau bermanfaat? Kita tunggu saja studi lanjutannya sebelum memutuskan apa mau menenggaknya banyak-banyak.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa