Selasa, 05 Januari 2010

Trik-Trik Bermanfaat saat berada di dapur

1. Trik membuat lada/ merica jadi harum

Bumbu masak ini pastinya tidak ketinggalan saat Anda ingin memasak sop, capcay atau sejenis masakan yang membutuhkan rasa pedas merica. Biasanya aroma lada agak sedikit menyedak ( bau terasa sampai ketenggorokan). Berikut tips membuat lada menjadi harum dan makin menyedapkan masakan.

Caranya : Siapkan lada, bungkus dengan daun pisang, kemudian goreng bukusan lada tersebut pada minyak (secukupnya) yang sudah dipanaskan. Diamkan beberapa saat lalu tiriskan dan tumbuk halus ladanya. Lada akan beraroma harum dan makin menyedapkan masakan Anda.

2. Menetralisir aroma cabai saat digoreng

Apa yang terjadi saat Anda menggoreng cabai?Ya, sudah pasti kejadian yang Anda alami dialami juga oleh ibu-ibu yang lain. Aromanya pasti sangat menyegat sampai-sampai napas jadi sesak, mata perih dan berair. Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu Anda malas menggoreng cabai. Tapi Anda boleh tenang sekarang, karena ada cara yang bsia menghilangkan aroma menyengat tersebut. Begini caranya :

Sebelum Anda menggoreng, biasakan memanaskan minyak terlebih dahulu, untuk menetralisir aroma cabai, silakan coba taburkan setengah sendok gula pasir ke dalam

minyak yang sudah dipanaskan, lalu masukan cabainya dan goreng seperti biasanya. Dengan cara ini, dijamin aroma menyengat akan hilang.

3. Awas karat makanan kaleng bisa beracun

Jangan sekali-kali menyimpan makanan kaleng yang sudah dibuka di lemari es, sebab kalengnya bisa berkarat dan itu mempengaruhi makanan didalamnya juga bisa beracun. Lebih baik ketika kaleng sudah dibuka isi makanan yang belum habis dikeluarkan dan dibungkus pakai plastik baru disimpan di lemari es.

4. Terbebas dari Bau ikan Asin

Kadang dapur terasa jorok, saat ada sisa aroma gorengan ikan asin masih tercium di ruang dapur, untuk mencegah aroma itu muncul coba trik berikut: Sebelum Anda menggoreng ikan asin. Panaskan minyak dan masukan satu sendok ketumbar, baru kemudian goreng ikan asinnya. Niscaya bau amis ikan asin tidak akan muncul.

5. Menghidarkan semut main ke dapur

Keberdaan semut di dapur kadang membuat risih. Apalagi semut-semut nakal itu mengerumuni masakan yang baru saja dibuat. Rasanya menjengkelkan, untuk itu ada cara untuk menghidarkan semut main ke dapur kita.

Caranya : Gunakan merica untuk mengatasinya. Tumbuk merica sampai halus, kalau bisa jangan menggunakan merica bubuk, tapi gunakan merica bubuk buatan sendiri. Sebab merica bubuk yang biasa dijual instan sudah dicampur dengan bahan lain. Setelah merica halus, taburkan merica di tempat yang Anda inginkan agar terhindar dari semut.

6. Cara menghilangkan noda pada cangkir

Anda pasti pernah menemui masalah noda pada cangkir Anda. Noda pada cangkir biasanya timbul karena kita lupa untuk segera mencuci cangkir bekas minum teh atau kopi, alhasil meninggalkan noda yang tak hilang meski sudah dicuci berkali-kali. Tapi coba deh, cuci dengan air jeruk lemon, niscaya cangkir Anda akan bersih kembali.

7. Cepat memberihkan panci dan wajan

Agak sulit mencuci wajan bekas menggoreng, pasti ada saja sisa bahan yang menempel. Jangan khawatir, ikuti trik berikut : Agar panci atau wajan dapat dengan cepat menjadi bersih, rebus air di dalamnya dengan dicampur sedikit cuka. Setelah itu, gosok di bagian yang kotor naru kemudian dibilas dengan air bersih.

8. Mengatasi cipratan minyak pada lantai dapur

Saat menggoreng, minyak menyiprat kelantai, waduh bisa gawat, pasti lengket dan kotor. Bagiamana mengatasinya? Jika minyak goreng terciprat atau tumpah ke lantai saat Anda menggoreng, segera taburkan tepung di atasnya, biarkan beberapa menit agar meresap ke tepung tersebut lalu bersihkan dengan lap atau disapu.

9. Menghilangkan bau gosong

Bila masakan Anda jadi gosong dan bau gosongnya menyengat, jangan panik. Tutup masakan yang gosong dengan daun pisang selama 30 menit untuk menghilangkan bau gosongnya.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Akyura Stratos Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa